Pages

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

#HalloweenKino - Sleep Paralysis

#HalloweenKino

Sleep Paralysis
(The Devil Riding Your Back)

Kejadian ini bermula ketika berziarah ke makam nenek. Sepasang mataku menangkap sosok wanita bermuka lelah, penuh kesedihan dan dia duduk sendirian di pojok kuburan. Aku berusaha mengalihkan pandangan dengan memfokuskan berdoa untuk almarhumah nenek. Tak terasa, sore berubah menjadi petang. Gerimis turun membasahi ujung kepala. Ibuku mencolek bahu sambil berkata, “Ayo pulang! Nanti keburu malam.” Namun perkataan ibu seolah menembus di telinga. Aku tidak kunjung berdiri, ada bagian yang mengganjal. Sesuatu sedang menarik kakiku hingga terasa agak berat sebelah, sampai ibu membantu berdiri. Sepanjang perjalanan menuju gerbang pemakaman, kakiku menginjak-injak tanah kuburan tanpa permisi. Menurut orang jaman dahulu, konon jika kita menginjak kuburan orang tanpa permisi, mendiang akan marah besar.
            

Selepas dari makam, aku langsung menonton acara televisi sembari berupaya melupakan ketakutanku tadi sore. Sementara Ayah dan Ibu mengobrol asyik dengan urusan mereka masing-masing. Dua gelas kopi pahit milik ayah kini menyisakan ampas. Belasan putung rokok memenuhi asbak. Jam dinding berdetak. Hari semakin gelap, mendung membelenggu langit. Angin bertiup membelah tirai jendela. Udara dingin seakan menusuk hingga ke tulang, ngilu sekali. Hembusan angin semilir-semilir membuat mata mengantuk. Aku menguap berkali-kali.


Baru saja tertidur, pikiranku melayang-layang antara sadar dan tidak sadar. Sambil berusaha mengumpulkan kesadaran, aku mencoba untuk bangun. Sesuatu yang tidak beres sedang menimpaku. Sekujur tubuh tak bisa digerakkan. Aku berkali-kali berteriak meminta pertolongan pada orangtuaku yang sedang mengobrol. Tetapi semuanya sia-sia! Tidak ada yang mampu menolong. Dadaku sesak seakan ditindih makhluk halus, napas memburu dengan cepat. Adanya tekanan kuat yang menyerang dada, membuatku sulit sekali untuk bernapas. Aku melihat sosok hitam menyeramkan nampak menertawaiku. Detik itu pula, aku tidak berhenti melafadzkan ayat-ayat suci Allah sebisa mungkin. Karena hanya pada Allah-lah tempat memohon. Ketika aku berhasil terbangun dari situasi menyeramkan itu, aku langsung lari dan menangis pada Ibu. Ibu bilang, “Itu tindihan, Nak!”

            
Mitos ini telah dipercayai turun-menurun oleh sebagian besar masyarakat sebagai ‘ketindihan setan’ atau disebut ‘erep-erep’. Budaya Afro-Amerika menyebutnya sebagai ‘The Devil Riding Your Back’, sedangkan budaya China menamakannya ‘Gui Ya Shen’. Kejadian semacam ini biasa terjadi ketika seseorang berada pada tahap tidur REM (Rapid Eye Movement). Kita tidak melewati fase lelap, melainkan melompat dari setengah lelap ke REM dan menciptakan mimpi. Otak kita mengalami kondisi transisi antara tidur mimpi dan kondisi sadar. Dalam kondisi inilah mimpi tercipta dengan jelas. Bayangan-bayangan sesosok makhluk halus kerap menyertai kasus Sleep Paralysis. Kasus-kasus Sleep Paralysis umumnya terjadi pada orang yang kelelahan, pola tidur tidak teratur dan tidur dalam posisi terlentang terlalu lama. Sehingga gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya. 


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar